Sabtu, 13 Agustus 2022

Tentang Screenshot PDDIKTI / Surat Penyelenggaraan pada Step Unggah Berkas Wajib pendaftaran UT

Pas lagi liat-liat https://admisi-sia.ut.ac.id (tanggal 13-08-2022) saya sampai pada step Unggah Berkas Wajib…Ada 8 yg perlu di upload…

Perlu unggah SS Dikti

kemudian saya browsing Tentang Screenshot PDDIKTI

Saya siapkan dulu yg bisa disiapkan…. 7 Persyaratan udah siap, tinggal 1 lagi yg masih agak bingung yaitu : Screenshot PDDIKTI/Surat Penyelenggaraan …

berikut adalah info yang saya dapat pada https://blog.rivaekaputra.com/2022/06/28/tentang-screenshot-pddikti-surat-penyelenggaraan-pada-step-unggah-berkas-wajib-pendaftaran-ut/

Lalu saya coba tanya temen yg udah lulus UT tahun ini (2022)….dan ternyata temen saya juga gak tau apa itu Screenshot PDDIKTI….berarti pas dulu temen saya daftar UT tahun 2019-an gak diminta persyaratan SS PDDIKTI…

Lalu googling….

Singkat cerita nemu… jadi untuk dapet Screenshot PDDikti ini…nama kita bisa dicari di web https://pddikti.kemdikbud.go.id atau https://forlap.kemdikbud.go.id

Kalau namanya muncul, maka tinggal screenshot atau PrintScreen aja tampilan yg muncul …dan file screenshotnya nanti di unggah bersama dengan persyaratan pendaftaran lain…

Masalah lain yg muncul adalah….saya sebagai mahasiswa Diploma I STAN yg lulus tahun 2003 datanya gak muncul di 2 web diatas! …tapi kalau untuk lulusan-lulusan Diploma I STAN yg baru-baru datanya memang pada muncul….

Lalu saya test lebih lanjut pake beberapa nama temen-temen 1 angkatan yg lulus tahun 2003 dan hasilnya gak muncul semua….

Untuk saat ini saya belum nemu solusinya…saya sudah mengirim e-mail pertanyaan ke email resmi UT (hallo-ut@ut.ac.id) dan masih nunggu jawaban…

Plan B nya, kalau misal saya belum nemu juga solusi terkait persyaratan SS PDDIKTI ini …paling nanti saya akan daftar UT pake ijazah SMA aja….

Pas saya test masukin pendidikan terakhir SMA, persyaratan yg wajib diunggah lebih simple….cuma 5 aja :

Kalau masukin pendidikan terakhir SMU, persyaratan yg diminta cuma dikit

Update 30 Juni 2022, pertanyaan saya via e-mail sudah dibales sama Tim Registrasi UT …jawaban-nya seperti ini :

Yth Riva Putra

Nomer Tiket : E2121062215-24503485. Berikut jawaban dari tiket anda sebagai berikut :

Selamat pagi,
Yth. Calon Mahasiswa Universitas Terbuka,

terkait dengan berkas Screenshot PDDIKTI/Surat Penyelenggaraan, saudara dapat menggantinya dengan surat keterangan yang menyatakan bahwa saudara benar alumni dari perguruan tinggi terkait seperti gambar terlampir yang kami kirimkan.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.

Salam hangat,
Tim Registrasi Universitas Terbuka

…dilampiran Email dari UT saya mendapat contoh Surat Keterangan yang bisa dipake untuk menggantikan persyaratan Screenshot PDDIKTI…jadi saya langsung ada gambaran yg harus dilakukan apa…

Saya buat surat ke Tempat Kuliah saya dulu seperti ini via Aplikasi surat-menyurat di tempat saya bekerja :

Untuk lampiran dokumen pendukung saya kirim aja scan dokumen-dokumen pas saya ngajuin izin belajar (Ijazah, Transkrip dsb)….Lalu 2 Harian kemudian saya dapet Surat Keterangan Lulusan STAN seperti ini ðŸ™‚

…masalah Screenshot PDDikti…selesai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

5 Aplikasi Pembuat Kuis Edukasi untuk Pembelajaran

Dalam pembelajaran, ada berbagai macam cara yang dilakukan oleh Guru untuk melihat tolok ukur kemampuan peserta didik dalam pembelajaran. Se...