Selasa, 23 November 2021

Klasifikasi Pompa pada alat berat part 3

Internal oil leakage pada external gear pump.

Kebocoran oli dari tempat bertekanan tinggi ke tempat yang mempunyai tekanan rendah kebocoran ini melalui gap atau clearance. Pada pompa roda gigi (gear pump) pasti ada clearance yakni antara roda gigi dengan case, antara gear dan side plate yang memungkinkan oli bocor dan ini jugadimanfaatkan untuk pelumasan.

Gambar di bawah ini menunjukkan tempat-tempat yang memungkinkan oli bocor. Kebocoran oli ini menyebabkan jumlah cli yang di delivery berkurang. Semakin tinggi tekanan discharge, semakin banyak oli yang bocor. Semakin besar clearance juga menyebabkan semakin banyaknya oh yang bocor. Demikian pula bila oli yang digunakan terlalu encer.

Adapun sumber internal leakage tersebut adalah
~ Antara ujung gigi dengan rumahnya, disebut top clearance. 
~ Antara sisi gigi dengan sisi plat, disebut side clearance.
~ Antara gigi yang satu dengan gigi lainya, disebut backlash.
Berdasarkan Internal leakage tersebut dan berdasarkan konstruksinya, maka eksternal gear pump digolongkan menjadi dua yaitu :

1. Fixed side plate gear pump.
Pompa )enis ini mempunyai tekanan antara 30 s/d 125 Kg / cm 2 , dan volumetric eficiency 75% s/d 80%.

2.  Pressure Balancing Type gear pump.
Pompa jenis ini direncanakan untuk tekanan tinggi ( lebih dari 140 Kg/cm 2 ). Dengan menggunakan side plate untuk mengurangi side clearancenya. Adapun. volumetric eficiency pompa jenis ini adalah 93% pada maksimum rpm dan sekitar 88% pada setengah maksimum Rpm dengan tekanan yang maksimum.

Terjadinya perubahan clearance disebabkan oleh gaya pendorong gigi gear pump. 

Gaya yang mendorong gear pump :
Pada gambar dibawah ini ditunjukkan arah gaya-gaya yang mendorong gigi-gigi gear pump. Dimana gaya yang terjadi adalah pa a sisi discharge dan akan memaksa gigi bertahan ke sisi suction.
V groove.
Agar pompa tahan lama, maka gaya dorong di sisi discharge tersebut harus diimbangi dengan gaya dorong lain yang berlawanan. Untuk keperluan mi ada beberapa jalan yang ditempuh antara lain V groove, balancing line dsb

High pressure oil introduction hole.
Selain gaya tersebut, juga diperlukan gaya pada bagian belakang pompa untuk menekan bushing agar side clearance thdak membesar pada saat tekanan tinggi di sisi discharge. Hal ini dilakukan dengan menyalurkan oli yang bertekanan tinggi di sisi discharge ke cover untuk mendorong bushing atau side plate. Nama saluran ini adalah High pressure oil introduction hole. Bagian yang perlu tekanan terbesar adalah sisi output pada bushing, sedang sisi suction kecil saja untuk menyalurkan balancing pressure.

Entrapment relief groove.
Sewaktu gigi - gigi pompa bertemu ( mesh ), ada sebagian oli yang terjebak di sela - sela gigi pompa. Ketika ruangannya menyempit dan oli terjebak di sela - selanya akan menyebabkan tekanan naik. Tekanan tinggi ini akan mendorong  gigi - gigi pompa dan merusak bagian - bagian pompa. Untuk melepaskan tekanan ini dibuatlah entrapment relief groove yang terdapat pada side plate atau pada bushing. Ada juga yang menyebut entrapment relief groove ini sebagai relief notch.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program Pemeriksaan Undercarriage Bulldozer, Excavator dan Drilling Machine

Program pemeriksan undercarriage bulldozer adalah Pemeriksan dan pengukuran pada komponen undercarriage yang dilakukan secara berkala untuk ...