Gambar. Prinsip kerja tipe piston
Cara kerjanya :
Pada gambar 4.108 (a) tekanan dalam sirkuit bekerja pada ujung piston dan mendorong katup piston. Apabila tekanan rendah, katup tidak terbuka karena tekanan tidak cukup melawan gaya spring. Pada gambar 4.108 (b), bila tekanan naik sehingga mampu melawan gaya spring piston akan mendorong katup piston yang selanjutnya akan membuka lubang dan membuang oli ke tangki sampai kenaikan tekanan berhenti.
C. Tipe pilot
Kontruksi dan prinsip kerja dari tipe pilot ini dapat dilihat gambar di bawah
Gambar. Simbul dan prinsip kerja tipe pilot
Tipe katup ini sama dengan tipe poppet dalam membebaskan tekanan oli tetapi berbeda saat akhir pembebasan olinya dan mudah dalam mengatur tekanan seperti mudahnya dalam mengatur tekanan seperti mudahnya saat pembebasan oli. Naiknya tekanan akan menyebabkan pilot valve terbuka sehingga tekanan pada balance chamber turun dan main valve bergerak ke kanan yang selanjutnya membuka saluran buang yang lebih besar. Ketiga tipe katup pengontrol tekanan diatas (presure control valve) umumnya dipakai untuk relief dan safety valve.
Grafik Cracking & Setting Pressure.
Grafik cracking & setting pressure pada katup pengontrol tekanan di
tunjukan pada gambar di bawah.

Gambar Grafik cracking & setting pressure
2. Flow control Valve (katup pengontrol aliran)
Katup pengontrol aliran adalah katup yang berfungsi mengatur jumlah aliran oli yang akan masuk ke actuator.
Katup-katup yang dikatagorikan kedalam katup pengontrol aliran antara lain :
• Trottle valve
• Make Up Valve
• Flow Reducing valve
• Demand Valve
• Quick Drop Valve
Sumber : buku smk teknik alat berat xi, hal 295-297 (1111-113)


Tidak ada komentar:
Posting Komentar