Rabu, 03 Februari 2021

Katup-katup pelengkap part 2

 

Gambar. Prinsip kerja tipe piston

Cara kerjanya : 
Pada gambar 4.108 (a) tekanan dalam sirkuit bekerja pada ujung piston dan mendorong  katup  piston. Apabila  tekanan  rendah,  katup  tidak  terbuka karena tekanan tidak cukup melawan gaya spring. Pada gambar  4.108 (b), bila tekanan naik sehingga mampu melawan gaya spring piston akan mendorong katup piston yang selanjutnya akan membuka lubang dan membuang oli ke tangki sampai kenaikan tekanan berhenti.

C. Tipe pilot

Kontruksi dan prinsip kerja dari tipe pilot ini dapat dilihat gambar di bawah 
Gambar. Simbul dan prinsip kerja tipe pilot

Tipe  katup  ini  sama  dengan  tipe  poppet  dalam  membebaskan  tekanan  oli tetapi berbeda saat akhir pembebasan olinya dan mudah dalam mengatur tekanan seperti mudahnya dalam mengatur tekanan seperti mudahnya saat pembebasan oli. Naiknya tekanan akan menyebabkan pilot valve terbuka sehingga tekanan pada  balance  chamber  turun  dan  main  valve  bergerak  ke  kanan  yang selanjutnya membuka saluran buang yang  lebih besar. Ketiga  tipe  katup  pengontrol  tekanan  diatas (presure  control  valve) umumnya dipakai untuk relief dan safety valve.

Grafik Cracking & Setting Pressure.
Grafik cracking & setting  pressure  pada  katup  pengontrol  tekanan  di
tunjukan pada gambar di bawah.
Gambar Grafik cracking & setting pressure

2. Flow control Valve (katup pengontrol aliran)

Katup pengontrol aliran adalah katup yang berfungsi mengatur jumlah aliran  oli yang akan masuk ke actuator.
Katup-katup yang dikatagorikan kedalam katup pengontrol aliran antara lain :
• Trottle valve
• Make Up Valve
• Flow Reducing valve 
• Demand Valve
• Quick Drop Valve

Sumber : buku smk teknik alat berat xi, hal 295-297 (1111-113)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program Pemeriksaan Undercarriage Bulldozer, Excavator dan Drilling Machine

Program pemeriksan undercarriage bulldozer adalah Pemeriksan dan pengukuran pada komponen undercarriage yang dilakukan secara berkala untuk ...